Jumat, 15 Februari 2013

Daya tahan dan vo2 max


engertian ketahanan dari sistem energi adalah kemampuan kerja organ-organ tubuh dalam jangka waktu tertentu. Istilah ketahanan atau daya tahan dalamdunia olahraga dikenal sebagai kemampuan peralatan organ tubuh olahragawanuntuk melawan kelelahan selama berlangsungnya aktivitas atau kerja.latihanketahanan dipengaruhi dan berdampak pada kualitas system kardiovaskuler,pernapasan dan system peredaran darah. Oleh karana itu faktor yang berpengaruhterhadap ketahanan adalah kemampuan maksimal dalam memenuhi komsumsioksigen yang ditandai dengan VO2max.Dalam dunia olahraga istilah VO2max sudah tidak asing lagi. VO2 maxadalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saatmelakukan kegiatan yang intensif. Volume O2 max ini adalah suatu tingkatankemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter/menit/kgberat badan. Seseorang atau atlet yang memiliki VO2max tinggi maka memilikidaya tahan dan kebugaran yang baik
.

Volume Oksigen Maksimum (VO2max)
Kemampuan aerobik (VO2max) adalah kemampuan olah daya aerobik terbesar yang dimiliki seseorang. Hal ini ditentukan oleh jumlah zat asam(O2) yang paling banyak dapat dipasok oleh jantung, pernapasan, dan hemo-hidro-limpatik atau transport O2, CO2 dan nutrisi pada setiap menit(Karpovich, dalam Santoso, 1992). Menurut Devries (dalam Joesoef, 1988)yang dimaksud dengan VO2max adalah derajat metabolisme aerob maksimumdalam aktivitas fisik dinamis yang dapat dicapai seseorang. Sedangkanmenurut Thoden (dalam Sukarman, 1992), yang dimaksud dengan VO2max
adalah: “Daya tangkap aerobik maksimal menggambarkan jumlah oksigen
maksimum yang dikonsumsi per satuan waktu oleh seseorang selama latihanatau tes, dengan latihan yang makin lama makin berat sampai kelelahan.Ukurannya disebut VO2max. VO2max adalah ambilan oksigen (oxygen
intake) selama upaya maksimal”; dan menurut Costill, ( dalam Maglischo,
1982), bahwa kapasitas kerja fisik dinamis yang dapat dilakukan dalam waktuyang lama dapat diukur dari konsumsi oksigen maksimalnya (VO2max atau
maximal oxygen uptake)”.
VO2max adalah suatu indikator yang baik daricapaian daya tahan aerobik. Individu yang terlatih dengan VO2max yanglebih tinggi akan cenderung dapat melaksanakan lebih baik di dalam aktivitasdaya tahan dibanding dengan orang-orang yang mempunyai VO2max lebihrendah untuk aktivitas daya tahan aerobik.Pada tahun 1970-an Kenneth Cooper meneliti hubungan antaraolahraga dengan kesegaran jasmani ia mendapatkan bahwa orang-orang yangmempuyai daya tahan yang tinggi karena melakukan olahraga, ternyata paru-paru mereka mempunyai kesanggupan untuk menampung 1,5 lebih banyak udara daripada orang biasa (Gilmore, 1981)

 
3
Pengukuran banyaknya udara atau oksigen disebut VO2 max. Vberarti volume, O2 berarti oksigen, Max berarti maksimum, dengan demikianVO2max berarti volume oksigen tubuh yang dapat digunakan saat bekerjasekeras mungkin.Hal ini memberikan indikasi bagaimana tubuh menggunakan oksigenpada saat melakukan pekerjaan misalnya sewaktu olahraga otot harusmenghasilkan energi satu proses dimana oksigen memegang suatu perananpenting. Lebih banyak oksigen digunakan berarti lebih besar kapasitasmenghasilkan energi dan kerja yang berarti daya tahan akan lebih besar.Mereka yang mempunyai VO2max yang tinggi dapat melakukan lebih banyak pekerjaan sebelum menjadi lelah, dibandingkan dengan mereka yangmempunyai VO2max yang lebih rendah. Lebih sehat dan lebih tinggikebugaran jasmani seseorang, lebih banyak oksigen yang tubuh kita dapatproseskan. Sementara kita berlatih, paru-paru akan dapat mengambil lebihbanyak oksigen dari pembuluh darah kapiler. Dengan demikian mereka yangmempunyai VO2max tinggi adalah orang yang mempunyai kesegaran jasmaninya baik, sedangkan yang VO2max nya rendah adalah orang yangkebugaran jasmaninya jelek.Untuk pengukuran volume oksigen maksimum (VO2max) dapatdilakukan dengan dua cara: (1) dengan cara langsung, (2) dengan cara tidak langsung. Pengukuran dengan cara langsung dapat dilakukan di laboratoriumakan tetapi memerlukan biaya yang sangat mahal. Pada umumnya teskapasitas aerobik (VO2max) dilakukan dengan cara tidak langsung supayabiayanya tidak mahal, misalnya dengan: step test, lari 12 menit, lari 2,4 km,dan tes jalan cepat satu mil. Cooper mendapatkan bahwa keadaan seseorangsetelah lari 2,4 km sangat erat hubungannya dengan ukuran langsung darivolume oksigen maksimum seseorang
B.

Faktor yang Mempengaruhi VO2max
Wiesseman (dalam Kuntaraf, 1992) ahli Kesehatan Masyarakat dariUniversitas Loma Linda menyebutkan lima faktor yang mempengaruhiVO2max seseorang yaitu: jenis kelamin, usia, keturunan, komposisi tubuh,dan latihan1.

Jenis kelamin.Setelah masa pubertas wanita dalam usianya yang sama dengan priaumumnya mempunyai konsumsi oksigen maksimal yang lebih rendah daripria.2.

Usia.Setelah usia 20-an VO2 max menurun dengan perlahan- lahan. Dalamusia 55 tahun, VO2max lebih kurang 27 % lebih rendah dari usia 25tahun. Dengan sendirinya hal ini berbeda dari satu dengan orang yang lain.Mereka yang mempunyai banyak kegiatan VO2 max akan menurun secaraperlahan.3.

Keturunan.Seseorang mungkin saja mempunyai potensi yang lebih besar dari oranglain untuk mengkonsumsi oksigen yang lebih tinggi, dan mempunyaisuplai pembuluh darah kapiler yang lebih baik terhadap otot-otot,mempunyai kapasitas 14 paru-paru yang lebih besar, dapat mensuplaihaemoglobin dan sel darah merah yang lebih banyak dan jantung yanglebih kuat. Dilaporkan bahwa konsumsi oksigen maksimum bagi merekayang kembar identik sangat sama (Klissouras, dalam Kuntaraf, 1992).4.

Komposisi tubuh.Walaupun VO2max dinyatakan dalam beberapa milliliter oksigen yangdikonsumsi per kg berat badan, perbedaan komposisi tubuh seseorangmenyebabkan konsumsi yang berbeda. Misalnya tubuh mereka yangmempunyai lemak dengan persentasi tinggi mempunyai konsumsi oksigenmaksimum yang lebih rendah. Bila tubuh berotot kuat, VO2max akan
 
5
lebih tinggi. Sebab itu, jika dapat mengurangi lemak dalam tubuh,konsumsi oksigen maksimal dapat bertambah tanpa tambahan latihan.5.

Latihan/olahraga.Kita dapat memperbaiki VO2max dengan olahraga atau latihan. Denganlatihan daya tahan yang sistematis, akan memperbaiki konsumsi oksigenmaksimal dari 5% sampai 25%. Proses berlatih yang dilakukan secarateratur, terencana berulang-ulang dan semakin lama semakin bertambahbebannya, serta dimulai dari yang sederhana ke yang lebih kompleks(Sistematis dan Metodis). Penelitian menunjukan bahwa laki-laki usia 65-74 tahun dapat meningkatkan VO2max sekitar 18 % setelah berolahragasecara teratur selama 6 bulan (Wiesseman, dalam Kuntaraf, 1992).Menurut Astrand (1986), faktor fisiologis yang mempengaruh dayatahan jantung-paru antara lain: faktor genetik, usia, jenis kelamin, danaktivitas latihan. Dari penelitian didapat kesimpulan bahwa: VO2max 93,4%ditentukan oleh faktor genetik, selebihnya adalah oleh latihan.Oleh karena itu VO2max seseorang dapat ditingkatkan; paling tidak daya tahan aerobik dapat meningkat antara 6-20% dengan pelatihan atletik,yaitu dengan melakukan jalan, jogging, ataupun lari. Peningkatan VO2maxyang lebih besar pada umumnya adalah terhadap individu yang tidak terlatih.Sedangkan pada orang yang latihannya teratur dan pada atlet yang banyak mempergunakan daya tahan, maka peningkatan VO2max nya kecil.
C.

Faktor-Faktor yang Menentukan Nilai VO2max
1.

Fungsi paru

Pada saat melakukan aktivitas fisik yang intens, terjadipeningkatankebutuhan oksigen oleh otot yang sedang bekerja. Kebutuhanoksigen inididapat dari ventilasi dan pertukaran oksigen dalam paru-paru.Ventilasi merupakan proses mekanik untuk memasukkan ataumengeluarkan udara dari dalam paru. Proses ini berlanjut denga
pertukaran oksigen dalam alveoli paru dengan cara difusi. Oksigen yangterdifusi masuk dalam kapiler paru untuk selanjutnya diedarkan melaluipembuluh darah ke seluruh tubuh. Untuk dapatmemasok kebutuhanoksigen yang adekuat, dibutuhkan paru-paru yang berfungsi dengan baik,termasuk juga kapiler dan pembuluh pulmonalnya. Pada seorang atlet yangterlatih dengan baik, konsumsi oksigen dan ventilasi paru total meningkatsekitar 20 kali pada saat ia melakukan latihan dengan intensitas maksimal.Dalam fungsi paru, dikenal juga istilah perbedaan oksigen arteri-vena (A-VO2diff). Selama aktivitas fisik yang intens, A - V O2 akanmeningkat karena oksigen darah lebih banyak dilepas ke otot yang sedangbekerja, sehingga oksigen darah vena berkurang. Hal ini menyebabkanpengiriman oksigen ke jaringan naik hingga tiga kali lipat daripada kondisibiasa. Peningkatan A-VO2diff terjadi serentak dengan peningkatan cardiacoutput dan pertukaran udara sebagai respon terhadap olah raga berat.2.

Fungsi kardiovaskulerRespon kardiovaskuler yang paling utama terhadap aktivitas fisik adalah peningkatan cardiac output. Peningkatan ini disebabkan olehpeningkatan isi sekuncup jantung maupun heart rate yang dapat mencapaisekitar 95% dari tingkat maksimalnya. Karena pemakaian oksigen olehtubuh tidak dapat lebih dari kecepatan sistem kardiovaskulermenghantarkan oksigen ke jaringan, maka dapat dikatakan bahwa sistemkardiovaskuler dapat membatasi nilai VO2max.3.

Sel darah merah (Hemoglobin)Karena dalam darah oksigen berikatan dengan hemoglobin, makakadar oksigen dalam darah juga ditentukan oleh kadar hemoglobin yangtersedia. Jika kadar hemoglobin berada di bawah normal, misalnya padaanemia, maka jumlah oksigen dalam darah juga lebih rendah. Sebaliknya,bila kadar hemoglobin lebih tinggi dari normal, seperti pada keadaanpolisitemia, maka kadar oksigen dalam darah akan meningkat. Hal ini juga
bisa terjadi sebagai respon adaptasi pada orang-orang yang hidup ditempat tinggi.Kadar hemoglobin rupanya juga dipengaruhi oleh hormonandrogen melalui peningkatan pembentukan sel darah merah. Laki-lakimemiliki kadarhe moglobin sekitar 1-2 gr per 100 ml lebih tinggidibanding wanita.4.

Komposisi tubuhJaringan lemak menambah berat badan, tapi tidak mendukungkemampuan untuk secara langsung menggunakan oksigen selama olahraga berat. Maka, jika VO2max dinyatakan relatif terhadap berat badan,berat lemak cenderung menaikkan angka penyebut tanpa menimbulkanakibat pada pembilang VO2;VO2 (mk/kg/menit) = VO2 (LO2) x 1000Berat badan (kg)Jadi, kegemukan cenderung mengurangi VO2max
D.

Latihan Menjaga dan Meningkatkan VO2max
1.

Intensitas LatihanSebaiknya para atlet diberi latihan hingga denyut jantungnyamencapai 80-95% dari denyut jantung maksimal. Sedangkan denyut jantung maksimal yang boleh dicapai pada saat melakukan latihan adalah220
 – 
umur (dalam tahun). Denyut jantung yang 80-95% dari denyut jantung maksimal tersebut dinamakan target zone. Jika intensitas latihanyang diberikan kurang dari target zone ini, maka hasilnya tidak banyak memperbaiki endurance.Selain itu, kenaikan intensitas latihan akan meningkatkan HR danSV. Karena CO = HR x SV, maka CO juga akan meningkat seiring denganpeningkatan intensitas latihan. CO secara langsung mencerminkan hasillatihan, karena CO mewakili besarnya distribusi oksigen pada otot yangsedang beraktivitas. Setelah intensitas latihan melebihi 40-60% VO2max
 
8
SV akan mencapai nilai tetap. Peningkatan lebih lanjut dari CO merupakanakibat dari kenaikan HR. Atlet yang terbiasa melakukan latihan secaraintens akan memiliki nilai SV lebih tinggi, dan dengan demikian nilai CO-nya pun juga lebih tinggi. Ini berarti distribusi oksigen juga meningkat2.

Durasi LatihanDurasi latihan sebaiknya berkisar antara 40-45 menit di dalamtarget zone bila ingin mendapatkan perbaikan endurance. Ini belumtermasuk waktu pemanasan dan pendinginan3.

Frekuensi LatihanSebaiknya berlatih minimal 3 kali seminggu untuk mendapat hasilyang baik karena endurance seseorang akan mulai turun setelah 48 jam jika tidak menjalani latihan.Bagi seorang atlet, semakin tinggi faktor endurance yangdiperlukan dalam cabangnya, semakin tinggi pula angka VO2max yangharus dimiliknya.Berdasarkan persyaratan tes kesegaran fisik yang dipergunakanPersatuan Bola Voli Jepang, penilaian ketahanan sirkulasi nafas dapatdinilai dengan Harvard Step Test dalam 5 menit menggunakan balok setinggi 50 cm. Namun dalam penelitian ini yang akan digunakan adalah
metode Queen’s
College Test dengan modifikasi bangku yang dibuatsetinggi 28 cm

6
pertukaran oksigen dalam alveoli paru dengan cara difusi. Oksigen yangterdifusi masuk dalam kapiler paru untuk selanjutnya diedarkan melaluipembuluh darah ke seluruh tubuh. Untuk dapatmemasok kebutuhanoksigen yang adekuat, dibutuhkan paru-paru yang berfungsi dengan baik,termasuk juga kapiler dan pembuluh pulmonalnya. Pada seorang atlet yangterlatih dengan baik, konsumsi oksigen dan ventilasi paru total meningkatsekitar 20 kali pada saat ia melakukan latihan dengan intensitas maksimal.Dalam fungsi paru, dikenal juga istilah perbedaan oksigen arteri-vena (A-VO2diff). Selama aktivitas fisik yang intens, A - V O2 akanmeningkat karena oksigen darah lebih banyak dilepas ke otot yang sedangbekerja, sehingga oksigen darah vena berkurang. Hal ini menyebabkanpengiriman oksigen ke jaringan naik hingga tiga kali lipat daripada kondisibiasa. Peningkatan A-VO2diff terjadi serentak dengan peningkatan cardiacoutput dan pertukaran udara sebagai respon terhadap olah raga berat.2.

Fungsi kardiovaskulerRespon kardiovaskuler yang paling utama terhadap aktivitas fisik adalah peningkatan cardiac output. Peningkatan ini disebabkan olehpeningkatan isi sekuncup jantung maupun heart rate yang dapat mencapaisekitar 95% dari tingkat maksimalnya. Karena pemakaian oksigen olehtubuh tidak dapat lebih dari kecepatan sistem kardiovaskulermenghantarkan oksigen ke jaringan, maka dapat dikatakan bahwa sistemkardiovaskuler dapat membatasi nilai VO2max.3.

Sel darah merah (Hemoglobin)Karena dalam darah oksigen berikatan dengan hemoglobin, makakadar oksigen dalam darah juga ditentukan oleh kadar hemoglobin yangtersedia. Jika kadar hemoglobin berada di bawah normal, misalnya padaanemia, maka jumlah oksigen dalam darah juga lebih rendah. Sebaliknya,bila kadar hemoglobin lebih tinggi dari normal, seperti pada keadaanpolisitemia, maka kadar oksigen dalam darah akan meningkat. Hal ini juga
 
7
bisa terjadi sebagai respon adaptasi pada orang-orang yang hidup ditempat tinggi.Kadar hemoglobin rupanya juga dipengaruhi oleh hormonandrogen melalui peningkatan pembentukan sel darah merah. Laki-lakimemiliki kadarhe moglobin sekitar 1-2 gr per 100 ml lebih tinggidibanding wanita.4.

Komposisi tubuhJaringan lemak menambah berat badan, tapi tidak mendukungkemampuan untuk secara langsung menggunakan oksigen selama olahraga berat. Maka, jika VO2max dinyatakan relatif terhadap berat badan,berat lemak cenderung menaikkan angka penyebut tanpa menimbulkanakibat pada pembilang VO2;VO2 (mk/kg/menit) = VO2 (LO2) x 1000Berat badan (kg)Jadi, kegemukan cenderung mengurangi VO2max
D.

Latihan Menjaga dan Meningkatkan VO2max
1.

Intensitas LatihanSebaiknya para atlet diberi latihan hingga denyut jantungnyamencapai 80-95% dari denyut jantung maksimal. Sedangkan denyut jantung maksimal yang boleh dicapai pada saat melakukan latihan adalah220
 – 
umur (dalam tahun). Denyut jantung yang 80-95% dari denyut jantung maksimal tersebut dinamakan target zone. Jika intensitas latihanyang diberikan kurang dari target zone ini, maka hasilnya tidak banyak memperbaiki endurance.Selain itu, kenaikan intensitas latihan akan meningkatkan HR danSV. Karena CO = HR x SV, maka CO juga akan meningkat seiring denganpeningkatan intensitas latihan. CO secara langsung mencerminkan hasillatihan, karena CO mewakili besarnya distribusi oksigen pada otot yangsedang beraktivitas. Setelah intensitas latihan melebihi 40-60% VO2max,
 
8
SV akan mencapai nilai tetap. Peningkatan lebih lanjut dari CO merupakanakibat dari kenaikan HR. Atlet yang terbiasa melakukan latihan secaraintens akan memiliki nilai SV lebih tinggi, dan dengan demikian nilai CO-nya pun juga lebih tinggi. Ini berarti distribusi oksigen juga meningkat2.

Durasi LatihanDurasi latihan sebaiknya berkisar antara 40-45 menit di dalamtarget zone bila ingin mendapatkan perbaikan endurance. Ini belumtermasuk waktu pemanasan dan pendinginan3.

Frekuensi LatihanSebaiknya berlatih minimal 3 kali seminggu untuk mendapat hasilyang baik karena endurance seseorang akan mulai turun setelah 48 jam jika tidak menjalani latihan.Bagi seorang atlet, semakin tinggi faktor endurance yangdiperlukan dalam cabangnya, semakin tinggi pula angka VO2max yangharus dimiliknya.Berdasarkan persyaratan tes kesegaran fisik yang dipergunakanPersatuan Bola Voli Jepang, penilaian ketahanan sirkulasi nafas dapatdinilai dengan Harvard Step Test dalam 5 menit menggunakan balok setinggi 50 cm. Namun dalam penelitian ini yang akan digunakan adalah
metode Queen’s
College Test dengan modifikasi bangku yang dibuatsetinggi 28 cm.
 
9
BAB IIIPENUTUPA.

Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa kondisi VO2maxsangat mempengaruhi tingkat kebugaran setiap orang untuk dapatmenjalankan aktivitas sehari-hari terutama bagi atlet guna meraih prestasimaksimal. Latihan teratur dan terprogram harus dilakukan untuk menjagaVO2max karena dengan berhenti berlatih, kondisi manusia akan menurundalam waktu terten
http://www.scribd.com/doc/96767700/Volume-Oksigen-Maksimum

1 komentar:

  1. thanks atas infonya... yang di http://www.scribd.com/doc/96767700/Volume-Oksigen-Maksimum punya siapa ya? mau sy masukkan di daftar pustaka skripsi sy...

    BalasHapus